Buat kamu yang suka baca komik, apakah kamu mengetahui berbagai fakta menarik seputar gambar bercerita itu? Sebagai sebuah hiburan, banyak orang yang menggemarinya dengan genre berbeda-beda. Bentuknya saja pun sudah sangat beragam semenjak internet menjadi salah satu sumber hiburan terbesar di masa kini. Ada banyak keunikan juga seputar komik dan perdebatannya dengan mereka yang menggemari manga meski kalau dilihat dari perspektif tertentu sebenarnya sama.

Fakta Komik sebagai Media Kritik Sosial dan Politik

Tidak banyak orang yang tahu apa itu komik dan mungkin saja memang tidak terlalu mempedulikannya. Toh, yang penting adalah membaca dan memperlakukan komik sebagaimana fungsinya. Namun sebagai wawasan umum, tidak ada salahnya kamu mengenali sedikit sejarah komik dan beberapa faktanya.

Menurut catatan sejarah, komik sudah mulai berkembang di abad 19 dalam bentuk strip. Eropa dan Amerika merupakan dataran yang dipercaya menjadi tempat kelahiran gambar bercerita ini. Bentuknya tidak lebih dari 6 panel dengan cerita yang cenderung serius. Bahkan, sebenarnya kemunculan komik dulunya dimaksudkan sebagai media kritik sosial dan politik berbentuk satire.

Awalnya Diterbitkan di Koran

komik

Di awal kemunculannya, hanya sedikit pembaca komik karena medianya masih terbatas yakni melalui koran. Jadi, hanya mereka yang berlangganan atau membaca koranlah yang dapat membaca komik. Itu pun kalau mereka memang menyukainya.

Hal itu dapat dimaklumi karena kemunculannya sebagai media kritik sosial politik yang tentu lebih efektif jika dimuat dalam sarana komunikasi yang waktu itu diakses banyak orang. Seiring perkembangan zaman, tentu sekarang kita hampir tidak menyentuh koran kecuali yang berbentuk digital. Jumlah koran cetak pun semakin terbatas apalagi yang memuat komik.

Terbagi dalam Beberapa Era

Tahukah kamu bahwa sejarah perkembangan komik itu terbagi dalam enam masa atau periode? Pembagian periode itu sebagai berikut:

  • Masa Platinum, dari tahun 1897 hingga 1938
  • Masa Emas, dari tahun 1938 hingga 1956
  • Masa Perak, dari tahun 1956 hingga 1970
  • Masa Perunggu, dari tahun 1970 hingga 1985
  • Masa Kegelapan, dari tahun 1985 hingga 1996
  • Masa Modern, dari tahun 1996 hingga sekarang

Hampir Tiap Negara Punya Ciri Khas

Tiap negara termasuk Indonesia pasti memiliki ciri khas dari karya komik yang diterbitkan. Bahkan beberapa negara punya perbedaan nama atau sebutan, misalnya Jepang dengan sebutan manga, Korea Selatan dengan sebutan Manhwa, dan Tiongkok dengan sebutan Manhua. Sebenarnya semua sebutan itu dimaksudkan untuk komik.

Namun, jangan pernah memperdebatkan perbedaan dan persamaan istilah itu khususnya ke mereka penggemar berat manga alias komik Jepang. Bagaimana dengan Indonesia? Kita memiliki karakteristik yang sebenarnya merupakan perpaduan antara Barat dan manga.

Genre yang Makin Meluas

Coba deh kamu iseng-iseng kumpulkan atau cari tahu apa saja genre dalam komik di zaman sekarang. Pastinya akan sangat susah membedakan apalagi mengidentifikasi masing-masing dari judul manga atau komik dengan genre yang beragam. Kadang, beberapa cerita memiliki elemen genre tertentu dan bahkan saling bersilangan. Artinya, perluasan genre berjalan seiringan dengan perkembangan zaman.

Begitulah beberapa fakta yang mestinya kamu ketahui seputar komik. Dunia ini memang semakin luas dan makin banyak jumlah penggemarnya. Kehadiran komik pun semakin diakui eksistensinya oleh generasi terbaru dengan apreasiasi dan kreativitas yang sangat beragam. Fenomena yang sangat bagus dan diharapkan mampu mencetak karya-karya komik terbaik yang sejajar dengan kelas maestro internasional. Dapatkan permainan menarik lainnya disini : Agen Bola